Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Utama UINJKT

by: Perpustakaan UIN Jakarta
  
Perpustakaan mempunyai tugas merencanakan pengembangan kepustakaan dan pustakawan, mengadakan dan memberikan pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengadakan kerjasama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi serta menyusun laporan kepustakaan. 

Selain itu perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mempunyai fungsi: penyusunan konsep rencana dan program kerja, perencanaan pengembangan kepustakaan, pelaksanaan pelayanan referensi, pemeliharaan bahan pustaka, pelaksanaan katalogisasi, pelaksanaan tata usaha perpustakaan, pelaksanaan administrasi perpustakaan, penyusunan bibliografi - indek dan sejenisnya, pengendalian dan pengevaluasian serta penyusunan laporan kepustakaan, pelaksanaan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan. 



Perpustakaan Utama berfungsi melayani mahasiswa, dosen, karyawan dan masyarakat umum dalam menyediakan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan penelitian ilmiah dan lainnya. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai, dilengkapi dengan ruang komputer dan menggunakan pelayanan dengan sistem on line melalui komputer, serta menggunakan fasilitas multimedia yang prima.

Adapun fasilitas yang kita dapatkan jika berkunjung ke Perpustakaan Utama UIN syarif Hidayatullah Jakarta yaitu: OPAC, ruang Pertemuan, ruang penyimpanan (loker), mushala, dan tentu saja akses internet 

Sedangkan dari segi layanannya sendiri terdiri atas:
  • Sirkulasi - Layanan ini meliputi kegiatan peminjaman, pemesanan, dan pengembalian buku-buku (koleksi umum dan koleksi islam) yang telah disediakan oleh perpustakaan untuk dapat dipinjamkan (dibawa pulang).
  • Referensi (rujukan) - Layanan referensi adalah layanan bimbingan rujukan pada sumber-sumber referensi seperti sumber biografi, bibliografi, sumber geografi, indeks, abstrak, direktori, kamus, ensiklopedia, almanak, dan sumber-sumber referens lainnya. 
  • Literasi Informasi - Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan pendidikan pemakai (literasi Informasi) yang dilakukan pada awal tahun akademik atau penerimaan mahasiswa baru. sosialisasi informasi perpustakaan untuk transfer knowledge kepada mahasiswa baru dan dimaksudkan untuk memberikan layanan bimbingan pemakai ke sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan agar pengguna memiliki keahlian dan ketrampilan didalam mengakses dan menelusur sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan. 
  • Katalog Penelusuran -  Layanan yang diberikan petugas bagian sirkulasi dalam membantu mensosialisasikan penempatan koleksi, menggunakan sistem katalog, menemukan informasi koleksi yang dicari pemustaka melalui sistem komputer. Cantuman informasi atau deskripsi bibliografi yang termuat dalam katalog OPAC ini terdiri dari judul, pengarang (penanggung jawab), tempat terbit, nama penerbit dan tahun terbit. Selain itu informasi tentang jumlah eksemplar dan kondisi bahan apakah sedang dipinjam atau tidak juga dapat di lihat pada katalog OPAC. 
  • Foto Copy - Perpustakaan menyediakan layanan fotocopy untuk koleksi umum, referensi, skripsi, tesis, dan disertasi. 
  • Bebas Pustaka - Setiap mahasiswa UIN Program S1, S2, dan S3 yang telah menyelesaikan studi diwajibkan mengurus Surat Keterangan Bebas Pinjam Bahan Pustaka dari Pusat Perpustakaan sebagai salah satu persyaratan pengambilan ijazah. 
  • Cloce Circuit Television (CCTV) - Pusat Perpustakaan UIN melayani tracking kehilangan yang terjadi di perpustakaan melalui fasilitas CCTV. Bagi petugas yang menemukan atau menerima barang yang hilang akan menginformasikannya pada saat yang sama. petugas akan menyimpan barang yang tidak diambil kurang lebih selama 6 bulan. Pusat perpustakaan melayani tracking CCTV, hanya sebatas pada review video, tidak ada penggantian kehilangan barang di perpustakan. untuk itu hati-hati terhadap barang-barang berharga merupakan upaya meminimalisir kehilangan.

Untuk informasi yang lebih lanjut lagi tentang apa saja yang kita dapatkan di Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kalian dapat mengaksesnya di perpus.uinjkt.ac.id atau bisa klik (disini). Di sana tidak hanya sekedar berisi layanan dan fasilitasnya saja, tapi informasi lain mengenai Perpustakaan Utama UIN Jakarta dan juga berita-berita up to date yang berhubungan dengan Perpustakaan Utama tersebut.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bukan Karena Tikus Buta Warna

Pengaruh Syair Di Zaman Jahiliyah Terhadap Syair Di Zaman Amawiyah