Planting from Planning

by: Kurekur
  
Menurut Aji dan Sirait (1982) perencanaan adalah penentuan tujuan yang akan dicapai atau yang akan dilakukan, bagaimana, bilamana dan oleh siapa. Planning atau perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Planning bisa dikatakan sebagai pondasi dan juga kompas. 

Mengapa demikian?

Seperti yang telah dijelaskan oleh Aji dan Sirait diatas planning akan menjadi pondasi yang akan menopang sebuah tujuan agar dapat berdiri dengan kokoh dan tidak goyah dalam perjalanan untuk mencapainya. Sedangkan sebagai kompas, planning akan akan menunjukkan kita arah yang benar dalam mencapai tujuan tersebut. Jadi jika di tengah perjalanannya kita tersesat, planning akan mengembalikan kita kejalan yang benar, atau paling tidak dia kan memberikan kita jalan baru untuk mencapai tujuan tadi.


Dalam membangun sesuatu akan lebih baik jika diawali dengan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Sehingga dalam menentukan langkah kedepannya akan menjadi lebih mudah karena sudah terstruktur dengan matang dalam rencana tersebut. Jadi, meskipun kita memiliki tujuan yang sangat bagus tapi tanpa disertai planning maka kemungkinan untuk tercapainya menjadi lebih kecil. 

Planning dilakukan oleh semua orang, mulai dari individu sampai ke lembaga besar yang telah terorganisir. Tanpa sadar, di kehidupan sehari-haripun kita sudah menerapkan planning. Seperti rencana atau jadwal tentang kegiatan yang akan kita lakukan pada hari itu.

Untuk lembaga besar seperti Perpustakaan Nasional RI, dalam pembentukan planning akan lebih terorganisir dan di buat untuk mencapai tujuan bersama. Planning Perpustakaan Nasional mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional karena Perpustakaan Nasional merupakan lembaga yang berurusan langsung dengan pemerintah pusat. Sehingga Renstra Perpustakaan Nasional memiliki jangka waktu lima tahun.



Untuk program Renstra Perpustakaan Nasional RI 2014-2019 menekankan pada “Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”.

Kalian pasti penasaran, apa sih yang maksud dari Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial itu? 

Untuk saat ini, Perpustakaan Nasional RI tidak lagi membicarakan tentang perpustakaan sebagai tempat menyimpan tumpukan buku, atau tempat peminjaman buku semata. Melainkan membangun perpustakaan sebagai ranah publik dengan pendekatan kemanusiaan yang menekankan pada kemandirian masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.?

Untuk saat ini, Perpustakaan Nasional RI tidak lagi membicarakan tentang perpustakaan sebagai tempat menyimpan tumpukan buku, atau tempat peminjaman buku semata. Melainkan membangun perpustakaan sebagai ranah publik dengan pendekatan kemanusiaan yang menekankan pada kemandirian masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. 

Bagaimana caranya?

Perpustakaan dibangun dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan mengurangi tingkat kemiskinan melalui literasi informasi, yang bertujuan untuk meningkatan kerangka berfikir masyarakat. Diharapkan setelah kerangka berfikir meningkat, akan diikuti peningkatan-peningkatan aspek lain, seperti meningkatnya pengetahuan, kreatifitas berfikir yang akan menghasilkan inovasi baru sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang pada akhirnya akan meningkatkantaraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, lebih singkatnya menjadikan perpustakaan tradisional menjadi perpustakaan yang bisa digunakan sebagai ranah publik yang bisa digunakan sebagai sarana meningkatkan kemandirian.

Renstra tersebut dibangun melalui keterlibatan stakeholder atau pemangku kepentingan yang di dalamnya terdapat unit Perpustakaan Nasional dan juga masyarakat dengan pendekatan teknokratif, akademik, dan politik. 

Renstra disusun berdasarkan isu-isu strategis yang dihasilkan dari pencermatan lingkungan yang didukung dengan data penelitian, survei keinginan dan kebutuhan masyarakat yang nantinya akan diformulasikan menjadi rencana strategis. Sehingga renstra diharapkan mampu memenuhi tujuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI kalian dapat mengkaksesnya di sini.

Comments

Popular posts from this blog

Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Utama UINJKT

Bukan Karena Tikus Buta Warna

Pengaruh Syair Di Zaman Jahiliyah Terhadap Syair Di Zaman Amawiyah