See The Culture from The Highest Library

by: Kurekur
  
Membahas tentang Perpustakaan Nasional RI memang seperti tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya saya membahas tentang lantai 7 Perpustakaan Nasional RI, kali ini saya kembali dengan pesona lantai 24 atau lantai teratas dari perpustakaan tertinggi di dunia ini. Untuk kalian yang penasaran tentang layanan anak di lantai 7, kalian bisa klik disini.

Apa yang menarik dengan lantai 24? Lantai 24 merupakan lantai teratas Perpustakaan Nasional RI, di sana terdapat Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Executive Lounge.


Layanan Budaya Nusantara di Perpustakaan Nasional RI menyimpan berbagai macam koleksi mengenai budaya nusantara, seperti angklung, gamelan, wayang dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga buku-buku yang berhubungan dengan budaya nusantara. Layanan koleksi budaya nusantara bersifat close access, dimana pemustaka tidak dapat mengambil atau mencari sendiri koleksi yang diinginkan. Pemustaka harus memiliki bon permintaan terlebih dahulu. Bon ini bisa didapatkan melalui katalog online atau OPAC yang tersedia disana. Setelah memilik bon yang di print baru kita dapat mengakses koleksi tersebut. Namun jangan khawatir, tanpa memilik bon pun kita dapat melihat-lihat koleksi yang ada di layanan budaya nusantara.

Selain dari koleksinya, sisi yang tidak kalah menarik adalah dari desain ruangannya. Begitu kita tiba di lantai 24, kita akan di sambut dengan lantai berlapis karpet dan tentu saja pendingin ruangan untuk demi memberikan kenyamanan kepada pemustaka. Dan yang membuat lebih menarik adalah ketika kita masuk layanan budaya nusantara kita akan merasa seperti masuk ke gallery seni bukan perpustakaan.



Kemudian setelah kita masuk, kita akan diminta kartu anggota perpustakaan oleh pustakawan yang bertugas. Di tengah-tengah ruangan terdapat panggung kecil setengah lingkaran yang bisa dijadikan spot foto grup. Di sebelah kanan terdapat meja baca yang di sampingnya terdapat jendela kaca sebagai sumber cahaya. Dengan pemustaka yang tidak terlalu ramai, layanan budaya nusantara di lantai 24 ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menikmati sore di akhir pekan sambil melihat hiruk pikuk Ibukota dari ketinggian.


Jika kalian tidak puas melihat panorama dari dalam ruangan, maka Executive Lounge akan sangat cocok untuk melihat pemandangan tanpa penghalang. Tidak hanya itu, dari Executive Lounge kita juga dapat melihat areal Monumen Nasional secara langsung, hilir mudik kendaraan dibawahnya, dan jika kalian beruntung di sore hari kalian dapat menikmati momen matahari terbenam. 



Executive Lounge menyediakan bangku-bangku yang tentunya membuat kita dapat mengobrol dengan nyaman bersama teman-teman, atau hanya sekedar untuk mengambil beberapa foto untuk di posting di akun media sosial kalian dan jangan lupakan taman kecil di setiap sudutnya yang akan mempercantik hasil foto kalian.  Namun kalian harus tetap berhati-hati ketika berada di dekat pembatas. Meski sudah di beri pembatas kaca, kalian harus mengingat kalau kalian berada di lantai teratas. Karena kadang ketika sedang asik bersendau gurau kita dapat lupa dengan keadaan sekitar. Jadi untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan kita harus tetap berhati-hati. Ingat safety first!

Dengan deskripsi tersebut, Executive Lounge bisa dijadikan tempat hangout cantik selain kita harus pergi ke mall atau ke café-café. 

Sekian yang dapat saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian ~

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Utama UINJKT

Bukan Karena Tikus Buta Warna

Pengaruh Syair Di Zaman Jahiliyah Terhadap Syair Di Zaman Amawiyah